in ,

Kelebihan dan Kekurangan Power Bank, si Penyelamat dikala Gawat

Kelebihan dan kekuranan Power Bank.
Kelebihan dan kekuranan Power Bank.

Funbes.com – Kelebihan dan kekurangan power bank adalah pembahasan kita kali ini. Power bank atau dalam bahasa Indonesia disebut “bank daya“, merupakan sebuah perangkat yang umumnya digunakan untuk mengisi baterai smartphone atau hp pintar.

Power bank ini bersifat portabel, karena bisa digunakan dimana saja, dan tidak perlu menghubungkan langsung ke kontak listrik untuk mengisi baterai.

Power bank ini sendiri punya daya tampung listrik, yang jika habis harus kembali diisi melalui kontak listrik dengan kabel usb. Selain bisa mengisi baterai smartphone, power bank juga bisa digunakan untuk mengisi perangkat lain.

Perangkat seperti tablet, iPad, iPod, dan juga yang lainnya. Cara penggunaan power bank juga sangat mudah. Kalian hanya perlu menghubungkan smartphone kalian dengan power bank menggunakan kabel konektor, biasanya kabel USB.

Kelebihan dan Kekurangan Power Bank

Kelebihan Power Bank

"<yoastmark

1. Mudah Dibawa Kemana Saja

Salah satu alasan kenapa power bank begitu diminati adalah karena power bank itu mudah untuk dibawa. Power bank yang umumnya hanya seukuran smartphone menjadikannya primadona dikala darurat. Power bank bisa masuk kedalam tas, dan bahkan saku celana kita.

2. Memiliki Lebih dari Satu Port Pengisian

Seiring perkembangan di dunia teknologi, power bank pun ikut mengalami perubahan. Kini umumnya power bank punya lebih dari satu port pengisian, dengan minimal dua port.

Hal ini memungkinkan kalian untuk melakukan pengisian dua perangkat secara bersamaan.

3. Kapasitas Power Bank Cukup Besar

Selain punya lebih dari satu port, power bank saat ini juga punya perubahan disisi jumlah daya yang bisa disimpan. Awalnya memang jumlah daya yang bisa disimpan hanya mampu untuk melakukan satu kali pengisian saja, kisaran 3000mAH.

Namun saat ini, sudah ada power bank yang punya kapasitas yang lebih besar lagi, 10.000 mAh dan bahkan lebih.

Kekurangan Power Bank

"<yoastmark

Meski punya beberapa kelebihan, power bank juga punya beberapa kelemahan loh. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari teknologi power bank.

1. Butuh Waktu yang Lebih Lama

Jika kalian melakukan pengisian baterai menggunakan power bank, kalian membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya loh.

Jika kalian melakukan pengisian menggunakan charger yang terhubung dengan terminal listrik, kalian mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja, hingga baterai terisi penuh.

Lain halnya jika kalian menggunakan power bank. Kalian perlu waktu yang lebih lama, untuk mengisi baterai smartphonemu hingga penuh. Bisa 2, sampai 3x lipat lebih lama.

2. Memperpendek Usia Baterai

Selain membuat waktu pengisian menjadi lebih lama, menggunakan power bank untuk jangka panjang tidaklah baik loh. Efeknya yaitu bisa memperpendek usia bateraimu.

Hal ini terjadi karena daya yang didapatkan dari sebuah power bank, tidaklah sama dengan daya yang didapat dari charger dengan terminal.

Maka dari itu alangkah baiknya kalian lebih bijak lagi dalam menggunakan perangkat yang satu ini. Pastikan kalian hanya menggunakannya disaat saat genting saja. Tentu untuk menghindari dampak buruk dari power bank.

Akhir Kata

Dibalik perangkat power bank yang punya beragam kelebihan, power bank tetap memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling fatal adalah tergerusnya usia dari baterai smartphone.

Meski begitu, pengguna power bank yang masih dalam batas wajar tidak akan terlalu berdampak buruk pada ponselmu. Selalu jadikan power bank sebagai opsi kedua, jika memang tidak adanya sambungan daya dari terminal listrik.

What do you think?

Avatar

Written by funbescom

seorang yang ingin terus belajar, dan jauh dari rasa malas

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Daftar aplikasi editor foto terbaik.

5 Aplikasi Editor Foto Terbaik Android yang Bisa Kamu Coba!

Cara merubah bahasa di facebook menjadi bahasa bajak laut.

Cara Mengganti Bahasa di Facebook Menjadi Bahasa Bajak Laut